Jumat, 12 Oktober 2012

Si Makhluk tanpa Dosa pun Mawas Diri


Saat sabda Allah menggelegar dan memecah kesunyian dan dengung dzikir para malaikat untuk memilih Adam sebagai khalifah muka bumi....hampir serempak malaikat bertanya tentang kebijakan Sang Khaliq itu : "Apakah Engkau akan mengangkat manusia sebagai khalifah yang gemar me
rusak dan menumpahkan darah..?"

Namun mereka segera tersadar atas lompatan pertanyaan yang 'cukup berani' itu. Kesadaran itu menyelipkan sebuah sikap mawas diri. Untuk sedikit cari tahu mereka bertanya : "Padahal kami selama ini bertasbih, bertahmid serta menyucikan-Mu...?".

Nampaknya malaikat khawatir jangan-jangan keputusan Allah untuk meng'khalifah'kan Adam itu disebabkan kelalaian mereka dalam pengabdian....
Dengan kasih-Nya, Allah menjelaskan kepada para malaikat betapa manusia memiliki beragam kelebihan dibanding para malaikat. Bahkan Allah menguji masing-masing dari kedua kelompok makhluk-Nya itu sehingga sempurnalah hujjah-Nya.

Jika makhluk suci sekaliber malaikat masih mawas diri sesaat setelah lintasan pikiran liarnya mempertanyakan keputusan-Nya...bagaimana dengan manusia ? Makhluk yang katanya 'mahallul khata wan nisyaan' alias gudang salah dan alpa..?

0 komentar:

Posting Komentar